Halaman

Jumat, 31 Desember 2021

Kota Cilegon Guru Penggerak Angkatan 6 di Pulau Jawa


Guru Bergerak Indonesia Maju Mari memajukan pendidikan Indonesia dengan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik melalui Program Guru Penggerak.


Program Guru Penggerak Menciptakan Pemimpin Pembelajaran Yang Berpusat pada Murid


Guru Penggerak harus lulus seleksi dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak. Program ini akan menciptakan guru penggerak yang dapat:


  1. Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri

  2. Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik

  3. Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua

  4. Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid

  5. Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah


Peran Guru Penggerak

Guru Penggerak diharapkan menjadi katalis perubahan pendidikan di daerahnya dengan cara:

  1. Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya

  2. Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah

  3. Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah

  4. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

  5. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah


A. Kerangka Desain Program Pendidikan Guru Penggerak

Topik Utama


  1. Pemimpin Pembelajaran Pembelajaran 

  2. Berdeferensiasi Komunitas

  3. Praktik Pembelajaran

  4. Sosial dan Emosi


Metode Pelatihan

  1. Pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi, dan Pendampingan 70%

  2. Belajar di tempat kerja dan Komunitas Praktik meliputi pemberian umpan balik dari atasan, rekan, dan siswa 20%

  3. Belajar dari rekan dan guru lain 10%


Pelatihan Formal


  1. Asesmen

  2. Hasil penugasan dan praktik peserta pelatihan

  3. Umpan balik dari rekan sejawat, fasilitator, dan kepala sekolah

  4. Peningkatan hasil belajar siswa


Prinsip Pelatihan

  1. Andragogi

  2. Pembelajaran Berbasis Pengalaman

  3. Kolaboratif

  4. Reflektif


Pendidikan Guru Penggerak

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.


Kurikulum Seleksi Guru Penggerak

Seleksi Tim Pendukung Daerah Sasaran PGP


A. Kerangka Desain Program Pendidikan Guru Penggerak


Topik Utama


  1. Pemimpin Pembelajaran Pembelajaran

  2. Berdeferensiasi Komunitas

  3. Praktik Pembelajaran

  4. Sosial dan Emosi


Metode Pelatihan

  1. Pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi, dan Pendampingan 70%

  2. Belajar di tempat kerja dan Komunitas Praktik meliputi pemberian umpan balik dari atasan, rekan, dan siswa 20% Belajar dari rekan dan guru lain 10%


Pelatihan Formal

  1. Asesmen

  2. Hasil penugasan dan praktik peserta pelatihan

  3. Umpan balik dari rekan sejawat, fasilitator, dan kepala sekolah

  4. Peningkatan hasil belajar siswa


Prinsip Pelatihan

  1. Andragogi

  2. Pembelajaran Berbasis Pengalaman

  3. Kolaboratif

  4. Reflektif


B. Materi dan Capaian Pembelajaran

Modul 1

Capaian 


  1. Calon Guru Penggerak mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi kritis atas hubungan nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.

  2. Calon Guru Penggerak mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.

  3. Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.


Topik Pembelajaran

  1. Filosofi Pendidikan Indonesia

  2. Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak

  3. Membangun visi sekolah

  4. Membangun budaya positif di sekolah

Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan


Modul 2

Capaian Pembelajaran

  1. Calon Guru Penggerak dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.

  2. Calon Guru Penggerak mampu mengelola emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang menunjang pembelajaran.

  3. CGP mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar seorang coach .

  4. Calon Guru Penggerak mampu menerapkan praktik coaching sebagai pemimpin pembelajaran.


Topik Pembelajaran

  1. Pembelajaran berdifferensiasi

  2. Pembelajaran emosi dan sosial

  3. Coaching

Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan


Modul 3

Capaian Pembelajaran

  1. Calon Guru Penggerak mampu melakukan praktik pengambilan keputusan yang berdasarkan prinsip pemimpin pembelajaran.

  2. Calon Guru Penggerak mampu melakukan strategi pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, waktu, dan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada murid.

  3. Calon Guru Penggerak mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengarahkan program perbaikan dan perubahan sekolah, serta memantaunya agar berjalan sesuai rencana dan mengarah pada tujuan.

  4. Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan kegiatan berkala yang memfasilitasi komunikasi murid, orangtua dan guru serta menyediakan peran bagi orangtua terlibat dalam proses belajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.


Topik Pembelajaran

  1. Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran

  2. Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya

  3. Pengelolaan program yang berdampak pada murid

Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan


Modul 4

Capaian Pembelajaran

  1. CGP merefleksikan perannya sebagai GP dan strategi yang telah dijalankan sebagai guru penggerak.

  2. CGP berbagi praktik baik dengan rekan sejawat.

  3. CGP membuat rencana tindak lanjut dan kolaborasi dengan rekan sejawat.

  4. Calon guru penggerak membuat rencana tindak lanjut dan berkolaborasi dengan rekan sejawat.


Topik Pembelajaran

  1. Menjadi fasilitator kelompok dan perubahan

  2. Penyegaran topik-topik inti di modul 1, 2, dan 3

  3. Mengevaluasi proses mentoring bersama mentor

  4. Membagikan praktik baik kepemimpinan pembelajaran.

Durasi pembelajaran: Tiga (3) bulan


Seleksi Guru Penggerak Kriteria / Persyaratan

Kriteria Umum

  1. Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.

  2. Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta

  3. Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

  4. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4

  5. Memiliki pengalaman minimal mengajar 5 tahun

  6. Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun

  7. Memiliki keinginan kuat menjadi Guru Penggerak


Program guru penggerak akan ditujukan untuk guru TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB


Kriteria Seleksi

  1. Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid

  2. Memiliki kemampuan untuk fokus pada tujuan

  3. Memiliki kompetensi menggerakkan orang lain dan kelompok

  4. Memiliki daya juang (resilience) yang tinggi

  5. Memiliki kompetensi kepemimpinan dan bertindak mandiri

  6. Memiliki kemampuan untuk belajar hal baru, terbuka pada umpan balik, dan terus memperbaiki diri.

  7. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan efektif dan memiliki pengalaman mengembangkan orang lain

  8. Memiliki kedewasaan emosi dan berperilaku sesuai kode etik


Demikian Informasi Terkait Program Guru Penggerak Untuk Kota Cilegon

Sumber. 

Portal SIM PKB.copi ulang @bahrudin21


By Admin UPT SDN Cikerut Cikerut - Cibeber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar