Halaman

Minggu, 02 Agustus 2020

Penilaian Keterampilan SDN Cikerut



Materi penilaian Keterampilan Untuk Jenjang MI Dalam Bentuk Power Point -merupakan penilaian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu di berbagai macam konteks sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.

Penilaian keterampilan meliputi ranah berpikir dan bertindak Keterampilan ranah berpikir meliputi antara lain keterampilan membaca, menulis, menghitung, dan mengarang. Keterampilan dalam ranah bertindak meliputi antara lain menggunakan, mengurai, merangkai, modifikasi, dan membuat.

Materi penilaian Keterampilan Untuk Jenjang MI Dalam Bentuk Power Point

Empat Teknik Penilaian Keterampilan :

1. Penilaian Keterampilan

Penilaian Keterampilan adalah penilaian yang menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuai dengan tuntutan kompetensi.

a. Kriteria tugas untuk tes praktik


  1. Tugas mengarahkan peserta didik untuk menunjukkan capaian hasil belajar. 
  2. Tugas dapat dikerjakan oleh peserta didik. 
  3. Mencantumkan waktu/kurun waktu pengerjaan tugas. 
  4. Sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik, 
  5. Sesuai dengan kontcn/cakupan kurikulum
  6. Tugas bersifat adil (tidak bias gender dan latar belakang sosial ekonomi).

b. Kriteria rubrik untuk tes praktik


  1. Rubrik dapat mengukur target kemampuan yang akan diukur (valid). 
  2. Rubrik sesuai dengan tujuan pembelajaran. 
  3. Indikator menunjukkan kemampuan yang dapat diamati(diobservasi).
  4. Indikator menunjukkan kemampuan yang dapat diukur. 
  5. Rubrik dapat memetakan kemampuan peserta didik. 
  6. Rubrik menilai aspek penting pada proyek peserta didik.


2. Penilaian Proyek

Penilaian Proyek adalah penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu dan tugas tersebut berupa rangkaian kegiatan mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengolahan data, dan pelaporan.

Pada penilaian proyek ada 4 hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu :


  1. Kemampuan pengelolaan Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi, mengelola waktu pengumpulan data, dan penulisan laporan yang dilaksanakan secara kelompok. 
  2. Relevansi - Kesesuaian tugas proyek dengan muatan pelajaran. 
  3. Keaslian - Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karya sendiri di bawah bimbingan pendidik. 
  4. Inovasi dan kreativitas - Proyek yang dilakukan peserta didik mengandung unsur-unsur kebaruan atau sesuatu yang berbeda dari biasanya.

3. Penilaian Produk

Penilaian produk meliputi penilaian kemampuan peserta didik membuat hasil karya,produk-produk, teknologi, dan seni, seperti: makanan halal (contoh: tempe halal, kue halal, asinan halal, bakso halal, dll), pakaian, sarana kebersihan halal (contoh: sabun, pasta gigi, cairan pembersih dan sapu), alat-alat teknologi (contoh:paper/makalah, powerpoint peta konsep Islam,jam yang menunjuk waktu shalat, alarm pengingat waktu shalat, alarm dengan nuansa Islami), hasil karya seni (contoh: kaligrafi, lukisan dan gambar), dan barang-barang terbuat dari kain, kayu, keramik, plastik, atau logam yang bcrciri khas islami.

Tiga Tahapan Penilaian Produk

  1. Tahap persiapan, meliputi: penilaian merencanakan, mcnggali, dan mengembangkan gagasan, dan mendesain produk/hasil karya Islami.
  2. Tahap pembuatan produk (proses), meliputi: penilaian kemampuan dalam menyeleksi dan menggunakan bahan, slat, dan teknik pengerjaan produk.
  3. Tahap penilaian produk (appraisal), meliputi: penilaian produk yang dihasilkan peserta didik sesuai kriteria yang ditetapkan, misalnya berdasarkan, tampilan, fungsi dan estetika.

Penilaian produk biasanya menggunakan cara analitik atau holistik


  1. Cara analitik, yaitu berdasarkan aspek-aspek produk, biasanya dilakukan terhadap semua kriteria yang terdapat pada semua tahap proses pengembangan (tahap: persiapan, pembuatan produk, penilaian produk).
  2. Cara holistik, yaitu berdasarkan kesan keseluruhan dari produk.

4. Penilaian Portofolio


  • Portofolio merupakan kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya peserta didik dalam bidang tertentu yang mencerminkan perkembangan (reflektif-integratif) dalam kurun waktu tertentu.
  • Pada akhir periode portofolio tersebut dinilai oleh pendidik bersama-sama dengan peserta didik dan selanjutnya diserahkan kepada pendidik pada kelas berikutnya dan dilaporkan kepada orangtua sebagai bukti autentik perkembangan peserta didik.

Untuk file Materi penilaian Keterampilan Untuk Jenjang MI Dalam Bentuk Power Point DOWNLOAD

 Admin UPT SDN Cikerut Cikerut - Cibeber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar