Halaman

Minggu, 12 Juli 2020


(Panduan Untuk Guru dan Orang Tua) Jadwal dan Materi Program Belajar Dari Rumah ( BDR) Melalui TVRI Jenjang SD Kelas 4 5 6 Minggu ke 1 ( 13 Juli - 19 Juli 2020) - Seru Belajar Kebiasaan Baru adalah kampanye publik Kemendikbud dalam menginformasikan dan mengedukasi masyarakat tentang penyelenggaraan pembelajaran dan tahun akademik baru di masa pandemi COVID-19.
Program Belajar dari Rumah (selanjutnya disebut BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemik COVID-19. Tayangan dalam program BDR meliputi tayangan untuk anak usia PAUD dan sederajat, SD dan sederajat, SMP dan sederajat, SMA/SMK dan sederajat, dan program keluarga dan kebudayaan. Pembelajaran dalam BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi. 


Selain untuk memperkuat kompetensi literasi dan numerasi, tujuan lain program BDR adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Tahun ajaran baru tidak sama dengan dibukanya kembali sekolah. Apakah sekolahmu termasuk yangbisa dibuka kembali? Ada syarat yang perlu Bapak dan Ibu ketahui agar anak kita dan seluruh warga sekolah tetap sehat dan selamat.
Selain itu, tentu ada cara-cara seru belajar kebiasaan baru. Seperti apa? Simak tayangan ini, ya!
Sebelum tayangan: Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis.
Kompetensi Literasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan: 
  1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengkomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian. 
  2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya. Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya.Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru. 
  3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya. Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama-sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan.
Kompetensi Numerasi
Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan :
  1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. 
  2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan. Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 
  3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut. 
  4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak. 
1. HARI SENIN, 13 JULI 2020 ( Asyiknya Berkebun )
Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut:
KOMPETENSI LITERASI: 
  1. Memahami paparan lisan dan mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut; 
  2. Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.
Link Video Materi Pembelajaran On Youtube  :

Selamat pagi adik-adik! Hari ini kita akan belajar tentang berkebun. Ayo, siapa yang liburannya membantu ayah, bunda berkebun? Ternyata banyak lho, manfaat berkebun untuk kita. Bagaimana langkah-langkah berkebun? kita tonton videonya, ya. 
Setelah Menyimak Materinya Sekarang Silahkan Jawab Pertanyaan dibawah ini ya :
  1. Coba jelaskan kembali isi lagu "Menanam Jagung" dengan bahasamu sendiri dalam bentuk tulisan, lalu ceritakan kepada orang tua dan gurumu!
  2. Tuliskanlah langkah-langkah berkebun dengan media tanam secara singkat, padat, dan jelas!
  3. Jelaskan apa yang bisa kamu contoh dari film pendek “Kebun Sekolahku”! Lalu ceritakan hasil tulisanmu kepada orang tua dan gurumu!
 Ternyata asyik yah berkebun! Nah, adik-adik bisa mempraktikkannya di rumah bersama ayah, bunda. Adik-adik juga dapat memilih tanaman yang kalian inginkan.
2. HARI SELASA, 14 JULI 2020 ( Proses Pertumbuhan pada Tumbuhan )
Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut:
KOMPETENSI LITERASI: 

  1. Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur; 
  2. Menuliskan tanggapan terhadap tayangan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya
Link Video Materi Pembelajaran On Youtube  :

Hai adik-adik, kemarin kita sudah belajar tentang cara berkebun. Tanaman yang ada di kebun mengalami proses pertumbuhan yang berbeda-beda. Mau tahu proses pertumbuhannya? Yuk, kita tonton video berikut ini
Setelah Menyimak Materinya Sekarang Silahkan Jawab Pertanyaan dibawah ini ya :
  1. Bagaimana proses pertumbuhan pada tanaman paku yang berkembang biak menggunakan spora?
  2. Adik-adik, ternyata seru ya membuat tanaman vegetatif buatan. Yuk, ajak keluargamu untuk menanam tanaman favorit menggunakan cara vegetatif buatan! 
2. HARI RABU, 15 JULI 2020 ( Budaya Jawa Tengah )
Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut:
KOMPETENSI LITERASI: 
  1. Menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur; 
  2. Menuliskan tanggapan terhadap tayangan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya
Link Video Materi Pembelajaran On Youtube  :

Adik-adik, tahukah kalian Candi Borobudur berada di daerah mana? Betul, di Magelang, Jawa Tengah. Kota Magelang ternyata punya kisah yang unik. Versi terpopuler mengatakan bahwa Magelang berasal dari kata tepung gelang, yang berarti "mengepung rapat seperti gelang". Nama tersebut diberikan untuk mengenang Raja Jin Sonta yang dikepung di daerah ini oleh pasukan Mataram, sebelum akhirnya mati di tangan Pangeran Purbaya. Untuk lebih jelasnya, ayo kita bersama-sama menonton asal-usul kota Magelang.

Setelah tahu cerita rakyat dari Jawa Tengah, yuk kita lihat seperti apa pakaian adat dan lagu-lagu daerah di Jawa Tengah.  

Setelah Menyimak Materinya Sekarang Silahkan Jawab Pertanyaan dibawah ini ya :

  1. Ceritakan secara singkat proses terbentuknya nama kota Magelang!
  2. Tuliskan permainan seperti apa yang dimainkan pada lagu “Cublak-Cublak Suweng”! Coba praktikkan permainan tersebut bersama keluargamu.
  3. Nasihat apa yang terkandung dalam lagu daerah Jawa Tengah yang berjudul "Lir-Ilir"?
4. HARI KAMIS, 16 JULI 2020 ( Operasi Hitung Pecahan )
Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut:
KOMPETENSI NUMERASI : 
Mengembangkan pemahaman operasi hitung bilangan pecahan 
Link Video Materi Pembelajaran On Youtube  :
Setelah Menyimak Materinya Sekarang Silahkan Jawab Pertanyaan dibawah ini ya :
  1. Ibu memiliki sebuah kue bolu. Kue bolu tersebut dipotong menjadi beberapa bagian. Ibu memberikan bolu untuk adik 1/6 bagian, kakak makan 2/6 bagian, dan dimakan ayah 1/6 bagian. Berapa bagian sisa kue bolu ibu?
  2. Ayah memelihara ayam sebanyak 40 ekor dalam satu kandang. 3/8 ayam jantan dan 1/5 bagian ayam betina tidak bertelur. Sisanya ayam betina bertelur. Ayam betina bertelur 1 butir setiap hari. Berapa butir telur yang dikumpulkan ayah dalam seminggu?
  3. Ibu memiliki kain 10 meter. Ibu memberikan kepada dua penjahit masing-masing 1/10 bagian dari kain mula-mula. 2/4 bagian dari kain mula-mula dibuat masker oleh ibu. Berapa meter sisa kain ibu?  
5. HARI JUMAT, 17 JULI 2020 ( Operasi Bilangan Bulat)
Silahkan Simak Pembelajaran nya di TVRI 
(VO) Ayah, Bunda, dari tayangan hari ini, anak akan dapat mengembangkan kompetensi berikut:
KOMPETENSI NUMERASI : 

Mengembangkan pemahaman tentang operasi hitung (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) serta strategi dalam penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat positif
Link Video Materi Pembelajaran On Youtube  :
Setelah Menyimak Materinya Sekarang Silahkan Jawab Pertanyaan dibawah ini ya :
  1. Seekor katak melompat ke depan sebanyak 3 lompatan. Kemudian katak berbalik arah sejauh 9 lompatan. Dimanakah posisi katak sekarang?
  2. Joni memiliki 6 buah mobil remote. Setiap mobil memerlukan 4 buah baterai. Jika harga sebuah baterai Rp 6.500,00, maka berapa uang yang harus dikeluarkan Joni untuk membeli baterai?
  3. Bagaimana cara kalian menyelesaikan soal berikut? 30 + (45 : 9) x (4 + 75)? 
Silahkan Unduh Jadwal dan Materi Program Belajar Dari Rumah ( BDR) Melalui TVRI Jenjang SD Kelas 4 5 6 Minggu ke 1 ( 13 Juli - 19 Juli 2020) pada link yang sudah kami siapkan dibawah ini :
(Unduh Disini) Jadwal dan Materi Program Belajar Dari Rumah ( BDR) Melalui TVRI Jenjang SD Kelas 4 5 6 Minggu ke 1 ( 13 Juli - 19 Juli 2020).pdf

Demikian kami sampaikan Jadwal dan Materi Program Belajar Dari Rumah ( BDR) Melalui TVRI Jenjang SD Kelas 4 5 6 Minggu ke 1 ( 13 Juli - 19 Juli 2020)
By Admin UPT SDN Cikerut Cikerut - Cibeber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar