Halaman

Senin, 23 Maret 2020

PENILIAN KURIKULUM 2013 ( APK )


Penilaian merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem pengajaran,sedangkan sistem pengajaran itu sendiri merupakan implemtasi kurikulum,sebagai upaya untuk menciptakan belajar di kelas. Fungsi utama evaluasi dalam kelas adalah untuk menentukkan keberhasilan pengajaran. Hasil-hasil dicapai langsung bertalian dengan penguasaan tujuan-tujuan yang menjadi target.

Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 lebih komplek bila dibandingkan dengan penilaian di kurikum KTSP. Dalam proses penilain kurtilas, seorang guru harus melakukan penilaian dari 4 aspek yaitu penilaian spiritual, penilaian sosial, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.

Salah satu adaministrasi yang harus disediakan dalam penilaian adalah adanya buku nilai. Buku nilai berfungsi sebagai dokumentasi nilai siswa mulai penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester/Tahun(PAS/PAT). Karena merupakan hal yang baru, admin sangat kesulitan mendapatkan buku penilaian kurtilas yang sesuai dengan kebutuhan.

Berdasarkan hal tersebut, admin mencoba untuk membuat format buku  penilaian kurtilas yang dapat memenuhi kebutuhan admin secara pribadi sebagai seorang pendidik. Penilaian kurtilas ini berbasis tema karena dalam sistem pengajaran kurikulum 2013 di sekolah dasar dilaksanakan dalam bentuk tema, kecuali untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam dan mulok.

Ada kesulitan tersendiri dalam pembuatan Buku Nilai Kurtilas ini. Salah satunya karena kebijakan pemangku kepentingan dalam pembuatan buku tematik yang tidak konsisten. Misalnya saja. dalam buku tematik kelas atas semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 , mata pelajaran Matematika dan Penjas orkes berada di luar muatan buku tematik. Namun di tahun pelajaran 2018/2019, muatan pelajaran matematika kelas 4 dan 6 masuk kembali ke dalam buku tematik.
Pelaksanaan penilaian dalam kurikulum 2013 tidak jauh berbeda dengan penilaian kurikulum KTSP yaitu mencakup penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester. Penentuan bobot penilaian untuk tiap-tiap periode penilaian diserahkan kepada sekolah masing-masing. Namun dalam buku panduan penilaian SD kurikulm 2013 diberikan contoh pembobotan penilaian antara lain:

a. Penilaian Harian

Nilai untuk penilaian harian diperoleh melalui tes tulis, tes lisan dan perbuatan. Tidak mesti semua tehnik penilain dilaksanakan dalam satu KD, tapi tergantung situasi dan kondisi yang tersedia . Misalnya KD 3.1 Mapel PPKN diajarkan dalam Tema 1 Sub Tema 1, Sub Tema 2 Dan sub Tema 3. Maka bisa saja penilaian dilaksanakan sebagai berikut: Pada akhir Sub Tema 1 dilakukan penilaian secara lisan. Pada akhir Sub Tema 2 dilaksanakaan penilaian penugasan dan diakhir Tema 1 Sub Tema 3 dilksanaakan penilaian tertulis. Nilai akhir  rata-rata harian KD 3.1 merupakan hasil rata-rata dari nilai yang diperoleh tadi atau bisa juga dilakukan dengan sistem pembobotan seperti : 60% x nilai tes tulis + 40% x (nilai tes lisan + nilai tugas:2)

b. Penilaian Tengah Semester

Penilaian tengah semester dilaksanakan pada pertengahan semester. Mungkin tidak semua KD yang diajarkan di semester bersangkutan akan memiliki nilai tengah semester. Jika KD tersebut hanya diajarkan di buku tema 3, 4, 5 atau tema 8 dan 9 maka KD tersebut tidak akan memiliki nilai PTS.

c. Penilaian Akhir Semester/ akhir Tahun

Penilaian akhir semester atau akhir tahun dilaksanakan di akhir semester/tahun. Penilaian mencakup semua KD yang diajarkan di semester tersebut.

Pembobotan penilaian untuk nilai akhir KD ditentukan sesuai kebijakan lembaga / sekolah yang bersangkutan. Namun sebagai rambu-rambu, dalam Buku Panduan Penilaian K13 SD di berikan contoh pengolahan penilaian akhir KD. Pembobotannya antara lain:

a. Nilai akhir KD jika memiliki nilai PTS adalah : ((2 X NPH) + NPTS + NPAS):4
b. Nilai akhir KD yang tidak memiliki nilai PTS : ((2 X NPH ) + NPAS);3
c. Nilai akhir untuk muatan pelajaaran  adalah nilai rata-rata dari nilai akhir KD.

Untuk penilaian kompetensi keterampilan, dalam Buku Paduan dijelaskan jika dalam satu kd dengan materi yang sama dilakukan 2 penilaian dengan tehnik yang sama ( misal dalam KD 4.1 melakukan penilaian praktek 2 kali), maka diambil nilai tertinggi. Namun jika penilaian dilakukan dengan tekhnik yang berbeda ( misal praktek, produk dan proyek), maka nilai akhir ditentukan dengan mencari rata-rata dari ketiga nilai tadi.


Demikian sekilas tentang penilaian dalam kurikulum 2013 sesuai Buku Panduan Penilaian K 13 yang diterbitkan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Dikdasmen Kemdikbud RI tahun 2016. Kembali kepada Buku Penilaian Harian

 Berikut kami persembahakan Aplikasi Penilian yang mudah dan simple untuk guru dalam meninput nilai. Dalam Aplikasi ini dengan Out put Laporan PTS dan PAS Terintegrasi dengan Buku Induk, Rekap Nilai, Sertifikat, Grafik dan Taraf Serafnya Silakan Download Di Sini
Apliokasi PTS-PAS Integratif Disin
 Kilk Gambar
atau Gunakan Barcode ini


By Admin UPT SDN Cikerut Cikerut - Cibeber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar