Guru Bergerak Indonesia Maju Mari memajukan pendidikan Indonesia dengan menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid dan menggerakkan ekosistem pendidikan yang lebih baik melalui Program Guru Penggerak.
Program Guru Penggerak Menciptakan Pemimpin Pembelajaran Yang Berpusat pada Murid
Guru Penggerak harus lulus seleksi dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak. Program ini akan menciptakan guru penggerak yang dapat:
Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri
Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik
Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua
Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid
Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah
Peran Guru Penggerak
Guru Penggerak diharapkan menjadi katalis perubahan pendidikan di daerahnya dengan cara:
Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya
Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah
Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah
Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah
A. Kerangka Desain Program Pendidikan Guru Penggerak
Topik Utama
Pemimpin Pembelajaran Pembelajaran
Berdeferensiasi Komunitas
Praktik Pembelajaran
Sosial dan Emosi
Metode Pelatihan
Pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi, dan Pendampingan 70%
Belajar di tempat kerja dan Komunitas Praktik meliputi pemberian umpan balik dari atasan, rekan, dan siswa 20%
Belajar dari rekan dan guru lain 10%
Pelatihan Formal
Asesmen
Hasil penugasan dan praktik peserta pelatihan
Umpan balik dari rekan sejawat, fasilitator, dan kepala sekolah
Peningkatan hasil belajar siswa
Prinsip Pelatihan
Andragogi
Pembelajaran Berbasis Pengalaman
Kolaboratif
Reflektif
Pendidikan Guru Penggerak
Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.
Kurikulum Seleksi Guru Penggerak
Seleksi Tim Pendukung Daerah Sasaran PGP
A. Kerangka Desain Program Pendidikan Guru Penggerak
Topik Utama
Pemimpin Pembelajaran Pembelajaran
Berdeferensiasi Komunitas
Praktik Pembelajaran
Sosial dan Emosi
Metode Pelatihan
Pelatihan Daring, Lokakarya, Konferensi, dan Pendampingan 70%
Belajar di tempat kerja dan Komunitas Praktik meliputi pemberian umpan balik dari atasan, rekan, dan siswa 20% Belajar dari rekan dan guru lain 10%
Pelatihan Formal
Asesmen
Hasil penugasan dan praktik peserta pelatihan
Umpan balik dari rekan sejawat, fasilitator, dan kepala sekolah
Peningkatan hasil belajar siswa
Prinsip Pelatihan
Andragogi
Pembelajaran Berbasis Pengalaman
Kolaboratif
Reflektif
B. Materi dan Capaian Pembelajaran
Modul 1
Capaian
Calon Guru Penggerak mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi kritis atas hubungan nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
Calon Guru Penggerak mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.
Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.
Topik Pembelajaran
Filosofi Pendidikan Indonesia
Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak
Membangun visi sekolah
Membangun budaya positif di sekolah
Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan
Modul 2
Capaian Pembelajaran
Calon Guru Penggerak dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.
Calon Guru Penggerak mampu mengelola emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang menunjang pembelajaran.
CGP mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar seorang coach .
Calon Guru Penggerak mampu menerapkan praktik coaching sebagai pemimpin pembelajaran.
Topik Pembelajaran
Pembelajaran berdifferensiasi
Pembelajaran emosi dan sosial
Coaching
Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan
Modul 3
Capaian Pembelajaran
Calon Guru Penggerak mampu melakukan praktik pengambilan keputusan yang berdasarkan prinsip pemimpin pembelajaran.
Calon Guru Penggerak mampu melakukan strategi pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, waktu, dan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada murid.
Calon Guru Penggerak mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengarahkan program perbaikan dan perubahan sekolah, serta memantaunya agar berjalan sesuai rencana dan mengarah pada tujuan.
Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan kegiatan berkala yang memfasilitasi komunikasi murid, orangtua dan guru serta menyediakan peran bagi orangtua terlibat dalam proses belajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Topik Pembelajaran
Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
Pengelolaan program yang berdampak pada murid
Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan
Modul 4
Capaian Pembelajaran
CGP merefleksikan perannya sebagai GP dan strategi yang telah dijalankan sebagai guru penggerak.
CGP berbagi praktik baik dengan rekan sejawat.
CGP membuat rencana tindak lanjut dan kolaborasi dengan rekan sejawat.
Calon guru penggerak membuat rencana tindak lanjut dan berkolaborasi dengan rekan sejawat.
Topik Pembelajaran
Menjadi fasilitator kelompok dan perubahan
Penyegaran topik-topik inti di modul 1, 2, dan 3
Mengevaluasi proses mentoring bersama mentor
Membagikan praktik baik kepemimpinan pembelajaran.
Durasi pembelajaran: Tiga (3) bulan
Seleksi Guru Penggerak Kriteria / Persyaratan
Kriteria Umum
Tidak sedang mengikuti kegiatan diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.
Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta
Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4
Memiliki pengalaman minimal mengajar 5 tahun
Memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun
Memiliki keinginan kuat menjadi Guru Penggerak
Program guru penggerak akan ditujukan untuk guru TK, SD, SMP, SMA, SMK dan SLB
Kriteria Seleksi
Menerapkan pembelajaran yang berpusat pada murid
Memiliki kemampuan untuk fokus pada tujuan
Memiliki kompetensi menggerakkan orang lain dan kelompok
Memiliki daya juang (resilience) yang tinggi
Memiliki kompetensi kepemimpinan dan bertindak mandiri
Memiliki kemampuan untuk belajar hal baru, terbuka pada umpan balik, dan terus memperbaiki diri.
Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan efektif dan memiliki pengalaman mengembangkan orang lain
Memiliki kedewasaan emosi dan berperilaku sesuai kode etik
Demikian Informasi Terkait Program Guru Penggerak Untuk Kota Cilegon
Sumber.
Portal SIM PKB.copi ulang @bahrudin21